31 Maret 2012

Diplomasi Indonesia dalam Dinamika Internasional


Oleh: Isti Paramita Idris


Hubungan dalam perkembangan internasional semakin dinamis. Hal itu ditandai dengan semakin meningkat dan bertambahnya persoalan-persoalan ineternasional yang berdampak pada hubungan antar-negara, dalam konteks bilateral, regional maupun multilateral. Derasnya tuntutan globalisasi, krisis ekonomi global, isu nuklir, konflik perbatasan,masalah-masalah kemanusiaan, HAM, dan climate change seakan menenggelamkan optimisme terciptanya tata dunia baru yang lebih baik, sekaligus menunjukkan bukti kuat dinamika internasional yang semakin kompleks. Bagaimanapun semua permasalahan tersebut harus diselesaikan untuk menjaga kestabilitas hubungan negara-negara di dunia dan menjaga keseimbangan hukum, politik, ekonomi, dan alam.


Dalam dinamika internasional, Indonesia harus menemukan jalan dan cara agar hubungannya dengan berbagai komponen internasional dapat berjalan dengan baik, dan tidak akan berdampak buruk bagi kepentingan Indonesia. Untuk menjawab tantangan dan permasalahan tersebut, diperlukan berbagai pemberdayaan ptensi yang dimiliki oleh bangsa ini, mulai dari potensi sumber daya manusia, alam raya, budaya, hingga kreativitas. Semuanya merupakan purwarupa yang memperkaya bahan baku diplomasi yang tidak saja berpotensi mengangkat citra politik bangsa ini dalam panggung internasional, tetapi juga dapat menjadi alat diplomasi yang ampuh untuk meraih kemanfaatan ekonomi dan kedigdayaan sosial b udaya.


Diplomasi Indonesia dalam Dinamika Internasional ini adalah hal yang menarik. Dinamis dan hiruk pikuknya perkembangan hubungan internasional kini sedapat mungkin ditelaah dalam dua sketsa, yakni sejauhmana hal tersebut berdampak terhadap Indonesia dan bagaimana Indonesia dapat berperan dan berkontribusi untuk dunia. Hal itu sudah menjadi ruh dalam kebijakan politik luar negeri kita yang menganut prinsip "bebas dan aktif".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar